Pelatihan KSB ( Kelompok Siaga Bencana ) di Desa Jati Mudik

  • Dec 08, 2023
  • Webadmin Jatimudik

Pada tgl, 4 Desember 2023 telah di lakukakan Pelatihan KSB ( Kelompok Siaga Bencana ) di Desa Jati Mudik yang berlangsung selama 3 hari 

Pelatihan Kelompok Siaga Becana, dalam melakukan pelatihan untuk kelompok siaga bencana, serta meningkatkan kapasitas mereka dalam mengahadapi bencana. 

Pelatihan ini di hadiri langsung oleh Kepala Desa Jati Mudik, Perangkat Desa Jati Mudik, Narasumber dari BPBD, dan Peserta Pelatihan KSB ( Kelompok Siaga Bencana) .  Pelatihan ini bertujuan untuk mengulang atau merefresh kembali ingatan masyarakat kelompok siaga bencana mengenai apa yang sudah mereka dapatkan sebelumnya. Untuk memberikan perlindungan kepada masyarakat dari ancaman dan risiko bencana dengan cara menyelenggarakan kegiatan pencegahan dan penanggulangan bencana berbasis masyarakat melalui pemanfaatan sumber daya alam dan manusia yang ada pada lingkungan setempat. Tujuan di adakan Pelatihan KSB yaitu, Memberikan pemahaman dan kesadaran masyarakat tentang bahaya dan resiko bencana, Membentuk jejaring siaga bencana berbasis masyarakat dan memperkuat interaksi social antar masyarakat, Mengorganisasikan masyarakat terlatih siaga bencana, Memperkuat hubungan sosial antar anggota masyarakat. Harapan dari kegiatan ini, yaitu kelompok siaga benca ini menjadi kelompok yang aktif, dan siap menjadi kelompok siaga bencana di Desa tersebut. Kegiatan ini bisa menjadi penguatan kelompok siaga bencana dalam pengelolaan kelompok, serta aksi yang akan dilakukan oleh kelompok tersebut.